Tulisan

“ RUMAH VISIONER ” : Komunitas Sosial sekitaran Kampus IPB Dramaga

            Rumah Visioner adalah salah satu komunitas yang bergerak dibidang sosial pendidikan. Komunitas ini berfokus pada anak-anak...

Sabtu, 01 Agustus 2015

Istiqomah? Bisakah aku?

"Bisakah kamu istiqomah didalam jalan dakwah ini?"

Pertanyaan yang dilontarkan oleh temanku ini terasa sulit. Dalam hatiku selalu ingin bisa terus belajar dan berdakwah tentang islam. Tapi saat pertanyaan itu muncul, sesuatu ikut muncul pula dalam hatiku. Sebuah keraguan. Rasa ketidak percayaan diri bergabung menjadi rasa keraguan akan keinginanku. Bisakah aku istiqomah dalam dakwah ini? Aku kembali bertanya dalam hatiku.

Keraguan itu muncul menggoyahkan. Mampukah aku? Jika jawabanku iya, aku takut bahwa jawabanku hanyalah hembusan angin. Aku tidak mampu menepati perkataanku itu. Namun jika jawabanku tidak, artinya aku seorang pecundang yang mengaku kalah sebelum bermain. 

Kau tahu betapa beratnya istiqomah itu?
Maka, aku berusaha menetapkan hati. "InsyaAllah" kata itulah yang keluar dari mulutku. Jawaban yang bukan merupakan janji, namun akan terjadi jika Allah menghendaki. Aku tidak akan tahu apa yang akan terjadi kelak. Aku hanya ingin mengikuti keinginanku dan terus berada dijalan-Nya. Jika sesuatu itu terjadi, maka aku percaya itu adalah kehendak-Nya. Aku akan terus berusaha untuk bisa istiqomah, hanya itu.

Kemudian ku ucapkan, 
"Bismillah"
Aku memulainya saat itu juga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar