Tulisan

“ RUMAH VISIONER ” : Komunitas Sosial sekitaran Kampus IPB Dramaga

            Rumah Visioner adalah salah satu komunitas yang bergerak dibidang sosial pendidikan. Komunitas ini berfokus pada anak-anak...

Jumat, 12 Juli 2019

“ RUMAH VISIONER ” : Komunitas Sosial sekitaran Kampus IPB Dramaga




            Rumah Visioner adalah salah satu komunitas yang bergerak dibidang sosial pendidikan. Komunitas ini berfokus pada anak-anak jalanan dan isu putus sekolah didaerah sekitaran Kampus Institut Pertanian Bogor (IPB) Dramaga. Komunitas ini dibentuk pada tahun 2017 oleh salah satu mahasiswa IPB jurusan Stastistika 2014, Mohamad Arif Pramarta. Awalnya, sebelum mendirikan komunitas Rumah Visioner, Arif tengah mendirikan salah satu cabang kegiatan sosial Komunitas Celengan Berbagi dimana setiap hasil uangyang terkumpul akan digunakan untuk berbagi 100 nasi bungkus kepada masyarakat kurang mampu seperti pemulung, pengemis, anak-anak pinggiran, dan lain-lain. Kemudian, keresahan Arif bertambah ketika melihat anak-anak disekitar tempat tinggal Arif yang menghabiskan waktunya hanya sekedar bermain di sungai pada saat jam sekolah. Setelah diketahui, anak-anak ini adalah anak-anak yang berhenti sekolah dan memutuskan untuk memulung, mengemis dan menjadi penjual donat untuk melangsungkan hidup.Hal ini membuat Arif berkeinginan untuk dapat membantu anak-anak ini agar bisa mendapat pendidikan yang layak. Keinginan Arif kemudian didukung oleh teman-teman mahasiswa IPB yang memiliki kegemaran mengajar. Akhirnya, Arif membentuk kegitan mengajar khususnya untuk anak-anak yang telah putus sekolah dilingkungan tempat tinggalnya. Murid pertamanya adalah Derri yang merupakan seorang pemulung cilik disekitaran kampus IPB Dramaga.
            Bulan November 2017, Arif mengubah nama komunitas menjadi Rumah Berbagi Pendidikan dan telah dibantu oleh beberapa orang menjadi bagian kepengurusan. Anak-anak didikan terus dicari hingga ke pelosok bagian desa dan pemukiman warga sekitaran kampus IPB Dramaga untuk mewujudkan tujuan dari Rumah Berbagi Perdidikan ini. Hingga kini, ada sekitar lebih dari 50 anak yang pernah ikut belajar di Rumah Berbagi Pendidikan. Pertengahan tahun 2018, Rumah Berbagi Pendidikan berganti nama menjadi Rumah Visioner dengan maksud untuk menyesuaikan tujuan utama yang ingin dicapai dari kegiatan komunitas ini.
            Adapun tujuan dan visi serta misi yang dimilki oleh Rumah Visioner. Tujuan utama komunitas ini adalah memberikan pendidikan yang terbaik bagi anak-anak jalanan dan atau anak-anak yang putus sekolah. Komunitas Rumah Visioner juga berusaha agar anak-anak tersebut tidak sekadar belajar dan menerima pendidikan, tapi juga dapat memiliki ijazah dengan mengikuti program kejar paket gratis serta mendapat pendidikan karakter.
            Visi yang dibawa oleh Rumah Visioner adalah: “Berusaha memberikan pendidikan terbaik untuk anak-anak jalanan dan atau putus sekolah di daerah sekitar kampus Institut Pertanian Bogor Dramaga”.  Misi yang ingin disampaikan antara lain: 1. Pendampingan peserta didik dalam rangkaian pembelajaran agar dapat memiliki ijazah walaupun sudah berhenti sekolah; 2. Penanaman nilai-nilai pendidikan karakter pada pelbagai aspek pembelajaran;
3. Pengembangan model bisnis social entrepreneurship sebagai sarana untuk keberlanjutan pendidikan dan pemberdayaan peserta didik guna peningkatan kesejahteraan hidup.
            Kegiatan dari Komunitas  Rumah Visioner dilakukan secara rutin pada hari senin-kamis waktu selepas ashar hingga menjelang magrib. Sistem yang diajarkan juga merupakan sistem sekolah gratis kejar paket sehingga tidak ada batasan usia dalam proses kegiatan ajar mengajar. Rata-rata usia beragam mulai dari usia sekolah dasar, usia sekolah menengah hingga ibu-ibu pekerja di salah satu Fakultas di Kampus IPB. Kegiatan selama ini dilakukan di salah satu rumah kontrakan yang berlokasi di daerah Kelurahan Cibanteng, Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.
Hingga saat ini, relawan pengajar harapan (sebutan bagi pengajar sukarela murid-murid di Rumah Visioner) yang ikut berpartisipasi dalam Komunitas Rumah Visioner mencapai 400 orang. Komunitas Rumah Visioner masih terus dilakukan pengembangan dan agar bisa dijadikan Komunitas Rumah Visioner sebagai suatu bentuk yayasan resmi. Informasi  mengenai Komunitas Rumah Visioner dapat dilihat pada halaman website http://rumahvisioner.com dan instagram @rumahvisioner.

Sumber: Novita Eka Widyastuti, jurusan Matematika IPB 2014, salah satu pengurus Komunitas Rumah Visioner

Tidak ada komentar:

Posting Komentar